Judul : Menjadi Manusia Menjadi Hamba
Penulis : Fahruddin Faiz
Penerbit : Noura Books
Cetakan : Cetakan ke-3, September 2021
Halaman : 309 Halaman
Filsafat
merupakan bidang kajian ilmu yang masih menyisakan perdebatan baik perdebatan
dalam tataran teologis mengenai boleh tidaknya mempelajari filsafat bagi
seorang theis termasuk dalam posisi epistemologis yaitu bagaimana cara terbaik
memahami filsafat.
Dr. Fahruddin Faiz dikenal sebagai sosok dosen filsafat yang mampu menjelaskan filsafat dengan bahasa yang membumi sehingga mampu dipahami oleh semua kalangan. Beliau mengampu ngaji filsafat yang diadakan secara rutin di masjid Sudirman Yogyakarta yang sudah berlangsung sejak tahun 2013. Dari serangkaian ngaji filsafat yang sudah berlangsung hampir 1 dekade, lahirnya buku yang berjudul "Menjadi Manusia Menjadi Hamba."
Bagi yang sering mengikuti ngaji filsafat baik secara langsung maupun melalui video youtube kemudian membaca buku "Menjadi Manusia Menjadi Hamba," pasti langsung familiar dengan diksi yang ada di buku tersebut. Dalam artian bahwa buku yang sekarang dibahas adalah manuskrip dari series ngaji filsafat.
Penulis membagi buku dalam tiga bagian yaitu Manusia, Waktu, dan Penghambaan. Pada bagian Manusia, penulis mengelaborasi tentang hakikat manusia dalam 5 dimensi yaitu fitrah manusia, humor, pernikahan, doa, dan main-main dalam hidup.
Secara harfiah, fitrah diartikan sebagai tabiat, penciptaan, dan asal kejadian. Karakter fitrah manusia dalam Al Qur'an ada empat yaitu basyar - level fisik jasmaniah manusia, level ins (jinak) dalam artian beradab, bisa diatur, dan patuh terhadap aturan. Level insan merujuk pada aspek akal budi. level nas - manusia secara kolektif atau umum. Sedangkan dari perspektif filsafat manusia dilihat dari tiga hal, manusia tujuan akhir penciptaan, manusia adalah mikrokosmos, dan manusia adalah cermin Tuhan.
Fitrah memiliki kecenderungan positif yaitu beragama, kecenderungan pada kebenaran, kecenderungan pada akhlak, kecenderungan pada keadilan, kebebasan, cenderung pada keindahan, kebersihan, dan kesucian, fitrah keturunan.
Humor merupakan fitrah manusia yang lain. Dalam Islam, tertawa itu boleh agar hati manusia tidak mati meski hati-hati karena overdosis ketawa juga bisa mengeraskan hati. Ontologi humor menurut Bergson bahwa manusialah makhluk lucu, ketika melihat monyet naik sepeda, yang lucu itu bukan monyetnya tetapi ketika memandangnya lucu karena kita melihat sisi manusianya.
Dalam Islam dikenal istilah la rahbaniyyah-tidak ada kerahiban dalam Islam, meskipun ada sufi yang tidak menikah bukan karena mereka mengharamkan nikah namun karena ada pertimbangan tersendiri.
Tujuan menikah antara lain tujuan biologis, psikologis, tujuan sosial dan religius. Sedangkan manfaat pernikahan yaitu sense of purpose, drive to work hard, happiness chances, constant support, selfness, dan better physical and mental health.
Terkait doa, manusia itu lemah karena beberapa karakternya yaitu manusia itu tidak berdaya, ia tidak pasti, terbatas, dan mengandung banyak ketidakmungkinan. Kata Soren Kierkegaard " prayer doesnt change God, but it changes him who prays." Sedangkan Graham Dienert berkata "many people prays as if God were a big aspirin pill, the come only when they hurt."
Kalau anda berdoa dan lama tidak dikabulkan, coba anda teliti apakah ada hak orang lain yang masih terikut dengan anda atau barangkali anda punya kesalahan pada orang lain yang masih menjadi ganjalannya.
Hidup ini thinking, working, and playing. kalau tidak berpikir, maka dia bukan manusia. Kalau tidak kerja, untuk apa jadi manusia, kalau tidak bermain, serius amat jadi manusia. Bila hidup anda adlaha permainan, nikmatilah setiap naik turunnya gelombang permainan hidup, serunya di situ. Terkadang anda tertawa ketika sukses, terkadang menagis karena sedih, tapi ingatlah itu hanya akting. Sebenarnya Tuhan sedang bermain petak umpet dengna kita. Kita disuruh mencari Tuha, disuruh mengenal Tuhan.
Pada bagian dua tentang waktu. Waktu linear berbicara tentang waktu yang jalan terus dan tidak mungkin balik. Waktu sirkular memandang waktu itu berputar dan tidak jalan lurus. Waktu akan balik lagi dari segi kualitas seperti roda berputar. Waktu objektif dan subjektif.
Menurut Agustinus salah satu filsuf skolastik, masa lalu dan mas depan itu tidak ada yang ada hanya masa kini. Menurutnya kemarin itu adalah mas kini di masa tersebut begitupun dengan esok hari. Kalau mengkhawatirkan hidup anda bakal suram lalu anda sedih, perlu dipahami bahwa suramnnya itu baru besok dan itu pun juga belum pasti, lalu buat apa sedih sekarang untuk hal yang belum pasti.
Agustinus sampai pada kesimpulan bahwa kunci waktu adalah mental manusia. Manusialah yang mengklasifikasi waktu. Manusialah yang memahami waktu, mengingat masa lalu dan menikmati masa kini lalu membayangkan masa depan.
Manusia harus mewaktu aritnya "mengada dalam waktu." Manusia punya makna hidup sendiri bukan sekadar ikut-ikutan orang lain. bila suka berorganisasi, putuskan yang terbaik oleh dirimu sendiri bukan karena ikut orang lain, itulah yang dinamakan eksis-mengada dalam waktu.
Bagian terakhir tentang Penghambaan.
Semua ilmu pada akhirnya harus bermuara pada hakikat. Semua ilmu pad aakhirnya harus bermuara pada Allah. bagi yang belajar fisika, matematika, biologi, dan ilmu eksakta harus membawanya kepada Tuhan.
Ketika membantu orang lain karena kasihan itu juga temasuk kesombongan. Memangnya Allah tidak bisa menolong dia sampai kita yang harus menolongnya. Selama ini kita sangat berhati-hati dalam menjaga kesucian lahir namun kita tidak pernah mengkhawatirkan kesucian batin. Kita tidak pernah berpikir bahwa dalam hati kita masih ada sifat dengki, iri, masa bodoh dan seterusnya.
Menurut saya, buku ini sangat sistematis mengarahkan kita untuk mengelaborasi diri sebagai manusia sekaligus sebagai seorang hamba. Meskipun demikian, tentunya untuk menuju pada jalur tersebut membutuhkan komitmen yang kuat dan kerja yang tiada berujung sampai waktu manusia berakhir di dunia.
No comments:
Post a Comment