Thursday, November 7, 2019

Materialisme Historis I

SEKOLAH MARX - LPM DAUNJATI :Materialisme Dialektis
bersama: Dede Mulyanto

Karl Marx kuliah hukum karena disuruh bapaknya secara bapaknya adalah seorang pengacara namun pada dasarnya, Marx tidak terlalu suka dengan hal yang berbau hukum.

Kesalahan interpretasi terhadap Materialisme Marx yaitu: 
  • Materialisme diartikan sebagai kecintaan terhadap duniawi
  • Materialisme diartikan sebagai paham yang anti pada agama, seorang materialis tidak percaya pada roh, jiwa atau yang supranatural
Materialisme yang dimaksud Marx tidak seperti itu karena dia tidak pernah peduli mengenai apakah alam tercipta dari materi, roh atau apa pun. Marx tidak pernah menulis seperti itu tetapi yang dikritik Marx adalah gagasan teori Hegel tentang sejarah manusia. 

Menurut Hegel sejarah adalah perwujudan atau pengejewantahan hakekat roh universal yang sedang memahami dirinya. Masih menurut Hegel, inti dari segala manusia adalah Roh. Hakekat dari kehidupan sosial dan sejarah sifatnya rohani ada semacam jiwa universal. kenapa harus roh yang menjadi titik pangkal karena roh tidak bergantung pada apapun karena selama kita bergantung pada apapun maka ada selain itu yang lebih mula. 
Hegel menambahkan bahwa materi itu berdimensi dalam artian tergantung pada sesuatu yang lain. Hakekat dasar dari segala sesuatu adalah proses negasi terhadap dirinya, negasi roh adalah materi. Buku pertama Hegel adalah Science of Logic tentang hakekat dari pikiran universal tentang penegasian diri terus menerus. Desas desus tentang pemikiran Hegel adalah (Tesis-antitesis-Sintetis) padahal Hegel tidak pernah menulis secara jelas tentang hal tersebut, Hegel hanya menulis tentang Negasi.

Buku  Filsafat sejarah oleh Hegel. Dia memaparkan sejarah perjalanan manusia yang mendominasi. membandingkan masyarakat primitif yang tidak berkesadaran (masyarakat perbudakan di cina).

Roh mengenali hakekatnya yaitu kebebasan pada puncaknya pasca revolusi prancis yang mewujud secara sosial kedalam tiga lembaga sosial yang pokok:
  • Protestianisme hakekatnya kebebasan individu didalam memuja kepada Tuhan. tidak seperti pada agama Katolik kita harus memiliki wasilah sedangkan protestas mendobrak ketidakbebasan individu
  • Kapitalisme hakekatnya membebaskan individu dalam berusaha sedangkan zaman feodal orang tidak bebas berusaha, mereka ditentukan kamu memproduksi apa, secara individu, orang terikat satu sama lain kepada tuannya masing-masing.
  • politik negara konstitusional hakekatnya politik, ekonomi dan agama modern adalah wujud terakhir dari roh semesta. 
Kunci sejarah menurut Hegel adalah perkembangan ide dari kebebasan manusia. wacana/ide tentang kebebasan menjadi roh penggerak sejarah manusia.

Dari hal tersebut di atas, titik poin Marx dalam menjelaskan dan merumuskan materialisme. Marx tidak membicarakan hakekat dan tetek bengeknya. Marx berbicara apa yang menggerak sejarah manusia. Marx bertentangan dengan Hegel bahwa yang menggerakkan sejarah manusia bukan ide karena tidak mungkin ada wacana/ide jika tidak ada orang hidup yang mewacanakannya. syarat adanya orang yang hidup antara lain:
  • mereka harus menghidupi kehidupan pribadinya yang terkait dengan metabolisme dengan alam
  • dalam memenuhi kehidupannya, manusia harus memproduksi sarana hidupnya. dalam upaya memproduksi sarana hidupnya, tiap orang tidak bisa menjadi individu yang terisolasi. orang tidak bisa hidup tanpa keberadaan orang lain. contohnya saya tidak pernah macul tetapi bisa makan karena saya tidak bisa lepas dari dari keberadaan orang lain. 
Perbedaan Relasi dan Interaksi yaitu interaksi sifatnya empirik, kelihatan misalnya bayar angkot sedangkan relasi tidak kelihatan, tidak menautkan individu-individu secara empirik tetapi menautkan kategori sosial tertentu. contoh, dalam kegiatan perkuliahan, orangnya banyak namun kategori sosial terbatas, misalnya mahasiswa, dosen dan pegawai. 

Kategori-kategori ini berelasi dengan kategori yang lain. Kategori sosial seperti pakaian yang dipakai hanya terkait dengan kategori tertentu. Kita berperilaku sebagai mahasiswa ketika berhubungan dengan dosen di kampus, di luar relasinya beda. contoh masuk alfamart, kategori sosial kita jadi pembeli dan kasir penjual. Maka relasinya jual beli, dll. Sejatinya relasi sosial tidak kelihatan tetapi yang kita lihat hanya interaksi antara mereka. 

Hal yang lebih tidak kita tahu adalah struktur sosial yang memungkinkan adanya kategori-kategori dan relasi yang memungkinkan adanya kategori contoh Kapitalisme. 

Das Kapital Jilid I, Marx membahas komoditi dan nilai. komoditi berbeda dengan barang. Hakekat dari komoditi bukan benda namun struktur dibalik benda-benda itu yang memungkinkan keberadaan berserta nilainya. Kenapa sisir lebih murah daripada mobil. Nilai lebih tidak kasat mata. Kita tidak bisa melihat nilai satu barang jika di dunia hanya satu barang. Nilai hanya bisa dilihat jika membandingkan dengan nilai barang lain. 

Struktur yang disebut Marx sebagai cara produksi (mode of production). Masyarakat terpilah dalam struktur, siapa yang memiliki sarana produksi dan siapa yang tidak memiliki.

Materialisme Marx tidak ada urusannya dengan metafisika, dengan sesuatu asal usul semesta. Marx tidak pernah pusing bagaimana dunia ini tercipta, tetapi yang terpenting bagi marx, masyarakat itu apa dan apa yang menggerakkan sejarah manusia. 

Jika Hegel mengatakan bahwa yang menggerakkan adalah ide/pikiran zaman sedangkan Marx meyakini bahwa tanpa adanya manusia yang berpikir, ide tidak akan ada dan manusia yang berpikiran tidak bisa berwacana tanpa hidup, untuk adanya orang hidup, mereka harus memenuhi kebutuhan hidupnya. 

Kelas sosial tidak terlihat. Kapitalis adalah kategori sosial. Kategori sosial saling menegasi satu sama lain. Pembeli bernegasi dengan penjual. Kategori-kategori yang paling pokok adalah kategori sosial di arena pengaturan produksi yang disebut Marx sebagai relasi produksi. Relasi produksi tersebut yang menyusun kelas sosial, kalau bukan proletar berarti borjuis.

Kategori sosial yang mengatur tindakan orang terkait dengan produksi sarana hidup dan memproduksi sarana untuk produksi sarana hidup yang menjadi kunci sejarah masyarakat manusia. "sejarah masyarakat manusia hingga saat ini tidak lain hanyalah sejarah perjuangan kelas-kelas. manifesto komunis paragrap I"

kepemilikan atas sarana produksi (energi, alat-alat, perkakas, mesin dan segala macamnya) menjadi kunci dari pergerakan sejarah manusia.

8 November 2019

No comments:

Post a Comment

Revolusi Harapan

Erich Fromm menulis buku ini dengan intensi untuk menemukan solusi atas keadaan Amerika Serikat sekitar tahun 1968.  Solusi yang dia maksudk...